Kamis, 04 Agustus 2016

Car seat yang bagus

Urusan stroller selesai, kebingungan selanjutnya adalah saat memilih car seat yang bagus. Secara untuk anak yang sudah diidam-idamkan sejak lama ya, pasti kami menginginkan yang terbaik. Bukan hanya saat memilih, tapi akan menggunakan car seat atau tidak, membutuhkan waktu juga untuk pengambilan keputusan. Kalau dirangkum, begini nih pendapat orang di luar sana:
  • Ah, ngapain pake car seat, mahaall!
  • Paling cuma dipake bentar, sayang ah..
  • Kamu mah ga perlu pake car seat, kan kamu ga nyetir, jadi anaknya bisa kamu pangku
  • Kok tega sih, anak masih bayi dibiarkan duduk di car seat

Hhhhmmm, pendapat orang memang macam-macam yaa. Tapi kali ini, prioritas kami adalah keamanan dan kenyamanan anak. Karena car seat bukan seperti stroller yang pengendalinya adalah orang tua, maka kali ini kenyamanan orang tua jadi prioritas terakhir.

Dan kalau saya perhatikan, anak teman saya yang rajin pakai car seat dari kecil, ternyata memang lebih anteng dan disiplin saat di mobil. Tidak suka mainan handle pintu mobil, tidak suka pengen pindah-pindah dari bangku belakang ke depan dan sebaliknya, dan saking nyamannya, mereka sering tertidur di perjalanan. Jadi keputusannya adalah, pakai car seat.

Pe-er nya adalah, bagaimana mencari car seat yang bagus? Pengalaman mencari stroller membuat saya lebih aware dengan petunjuk dari alam semesta. Saya suka mantengin upload-an teman di medsos yang kebetulan fotonya adalah foto anaknya yang sedang duduk di car seat. Biasanya saya zoom dan cari apa merk nya, haha. Tak lupa saya juga cari info ke teman saya dan juga browsing. Didapatlah merk Maxi Cosi, harganya memang sesuai dengan kualitasnya sih. Kemudian kami coba window shopping ke beberapa toko bayi, ketemulah dengan merk Joie. Tampilannya bagus dan terlihat sangat nyaman. Harganya pun relative lebih murah daripada Maxi Cosi. Kandidat ketiga adalah car seat merk Combi, merknya sama seperti stroller yang sebelumnya kami beli. Harga unda undi dengan Maxi Cosi. Tapi kemudian galau, kok harga car seat malah lebih mahal daripada strollernya, hahaha..


Sayangnya, pe-er mencari car seat belum selesai sampai dengan waktunya saya melahirkan. Sehingga saat pulang dari rumah sakit, kontrol ke rumah sakit dan jalan-jalan pertama kami ke mall, Reika masih digendong. Untungnya, hal ini tidak perlu dilakukan terlalu lama. Saat Reika ngemol pertama kali, Alhamdulillah kami menemukan car seat yang bagus.

Kriteria bagus itu seperti apa? Bagi kami, sedikit agak mahal tidak apa-apa yang penting bisa digunakan dalam jangka waktu lama. Oleh karena itu, kami memilih car seat yang bisa digunakan sejak bayi sampai dengan Reika besar, sehingga nantinya tidak perlu ganti car seat lagi. Dan yang kedua, Reika nyaman duduk di car seat tersebut.

Bagaimana kita tahu Reika akan nyaman atau tidak, ya langsung saja kita coba Reika duduk di car seat yang akan dibeli. Kebetulan di mall yang pertama kami datangi, yaitu Senayan City, ada toko The Children’s Store yang menjual produk Combi. Kami mampir ke sana dan Reika mencoba duduk di salah satu car seat, eh Reika nyaman lhooo..

Reika, 41 hari, sedang mencoba car seat

Akhirnya kami memilih car seat tersebut, Alhamdulillah sedang ada diskon. Car seat yang kami pilih adalah Combi MALGOTT S dengan feature di bawah ini:
  • Applicable Age 0 - 25Kg (Newborn to approx. 7 years old)
  • Weight 7.3kg
  • Size Rear-facing mode W510 x D790~890 x H530~630mm, Forward-facing mode W510 x D625 x H665~825mm
  • Just-Fit Headrest. Headrest is adjustable up to 13 different positions according to different growth stages. Shoulder belts are inter-linked and will adjust automatically without complicated settings.
  • Dacco Seat. The dacco seating system replicates a parent's cuddle which is the most comfortable and natural position. It helps minimizing the body stress effectively, secures the baby in the unique position and yet allows baby to move the arms and legs freely.
  • Ventilation system. Heat absorbent and moisture free material is used. The base has air gate design which brings great comfort to baby.
  • Air-Through cushion. Soft cushion with 3Dmesh design to enhance ventilation and improve sitting experience.

Saat car seat dipasang di mobil dan Reika duduk di sana untuk pertama kalinya, Reika menangis. Mas suami dan Uti sempat tidak tega. Setelah saya nenenin, saya coba lagi untuk mendudukkan Reika di car seat, daaannnn dia nyaman. Berarti penyebab nangisnya bukan karena tidak nyaman, tetapi karena memang Reika sedang lapar. Percobaan-percobaan selanjutnya lancar dan Reika selalu tertidur di jalan. Kali ini, Reika jadi mirip sama mamanya yang selalu pelor di mobil, haha..


Sampai dengan berat 9kg, posisi car seat diarahkan membelakangi tempat duduk depan, supaya jika ada hentakan, arah lehernya adalah ke sandaran dan bukan ke arah depan Reika. Saat ini berat Reika masih 8.3kg, jadi ga sampai 1kg lagi, Reika bisa menghadap depan dan melihat pemandangan yang sama dengan kami.

Kalau ada pertanyaan, pernah tidak Reika di dalam mobil tapi tidak duduk di car seat? Pasti pernah, karena tidak semua kondisi bisa ideal. Reika akan berpisah dari car seat kesayangannya jika, sedang nenen, naik mobil dengan tujuan jarak yang sangat dekat, atau ketika mobil penuh karena kami pergi dengan keluarga yang sedang berkunjung.

So, selamat hunting car seat yang bagus yaa. Tentunya bisa disesuaikan dengan kebutuhan keluarga masing-masing. Tapi menurut saya, worth it banget deh. Aman dan nyaman untuk anak, serta nyaman juga untuk orang tua karena tidak perlu memangku sepanjang jalan. ;-)

15 komentar:

  1. Hi mbak, kl boleh tau mobil mbak apa ya? Mobilku yaris, apa kira2 Combi cukup ditaro di mobil kecil? Thanks yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mbak Ratri, mobil saya Rush mbak. Kalau menurut saya, kemungkinan besar bisa, karena Combi ini kan produk Jepang, nah di Jepang itu banyak mobil yg kecil2 juga mbak, biasanya produk Jepang sangat disesuaikan dengan marketnya.

      Atau, mau coba pasang punya saya dulu? Sebenarnya car seat nya mau dijual, Karena kami sudah tidak pakai mobil lagi. Atau, mau dibeli sekalian? haha, jadinya promosi deh..

      Hapus
    2. Udah dijual mbak car seatnya? #tertarik 😂😂😂

      Hapus
    3. Udah dijual mbak car seatnya? #tertarik 😂😂😂

      Hapus
    4. mbaaakk, maaf banget baru balas. Kemarin ada yg tertarik tapi ga cucoq harganya, hihi..
      kalau mau kita bisa ngobrol di sisil_isme@yahoo.com yaaa..

      Hapus
  2. makasih untuk tips memilih car seat bayinya, sangat bermanfaat!

    BalasHapus
  3. Terimakasih review nya mba,terbantu sekali karena baby car seat memang tergantung masing2 ya mb,tapi u janga panjang, penting apalagi menanamkan kedisiplinan saat berkendara ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, bener. Jadi saya pakai car seat ini sampai 9 bulan saja karena setelah itu kami pindah ke UK. Tapi manfaat di anak saya terasa sampai sekarang mbak. kalau naik taksi atau kendaraan umum lain, dia relatif tenang..

      Hapus
  4. Mb silvi masih berlaku kak car seat nya,,,,boleh hubungi saya mb jannah.riset@gmail.com

    Boleh mb,,,, saya beli? Makasih mb sisil....🙏

    BalasHapus
  5. Car seatnya masih ada tidak mba?bisa tlg japri ke email sy:siera_star85@yahoo.com
    Tks....

    BalasHapus
  6. car seatnya udah laku Mbak? japri please tiarahernanda11@gmail.com tks

    BalasHapus