Jumat, 09 Oktober 2015

Yes, domain baru..


Seperti yang telah saya ceritakan di tulisan saya yang berjudul “Nama, sisil”, saya menggunakan blog ini sebagai arena untuk belajar menulis. Tetapi selain belajar menulis, ternyata secara tak disengaja, saya belajar hal yang lain, yaitu bagaimana cara nya mempunyai domain sendiri yang bukan menumpang secara gratisan di blogspot.

Saat membuat blog, saya benar-benar membuat sendiri dari nol. Hanya berbekal informasi yang didapat dari browsing dan keberanian untuk coba-coba. Thanks to google dan para blogger yang sudah sharing tutorial untuk membuat blog, sangaaatt bermanfaat..

Setelah sebulan menulis, dan ternyata masih banyak ide yang bersliweran di kepala saya, maka saya putuskan untuk mempunyai domain sendiri. Sehingga nama blog saya yang sebelumnya www.duniasisil.blogspot.com akan berubah menjadi www.duniasisil.com. Lebih keren sih, menurut saya, hehe.. Lebih keliatan kalau niat nulis beneran, haha..

Sekali lagi, saya sama sekali buta mengenai hal ini, sehingga proses akan dimulai dari nol. Maka saya mencari info lagi melalui browsing. Dan ternyata, toko online yang menjual domain itu banyaaaakkk sekali. Karena tidak tahu mana toko yang bagus, akhirnya saya meminta rekomendasi dari teman. Teman saya ini mempunyai online shop sepatu buatan sendiri yang bagus kualitasnya, tanpa lecet sejak awal pakai (sekalian promosiin usaha temen, hehe), namanya www.roppopo.com, sehingga asumsi saya, pasti teman saya pernah melakukan proses pembelian domain tersebut. 


Dan benar, teman saya ini (suami nya sih benernya, hehe) membeli domain di www.godaddy.com. Meluncurlah saya ke website tersebut.


Saya masuk ke website godaddy dan membuat akun. Tujuan saya hanya membeli domain saja, sedangkan hosting tetap melalui blogspot di google. Ya balik lagi, krn saya masih pemula, belajarnya tahap demi tahap saja, hehe.. Dan dari info yang saya dapat, selama kebutuhan saya hanya untuk kepentingan pribadi, bukan bisnis, hosting di google cukup kok. Setelah memilih domain, memilih layanan lain dan memasukkan kode voucher (hasil browsing juga, hehe), maka saatnya saya melakukan pembayaran, untuk 3 tahunnya sekitar 280 ribu. Saya masukkan data kartu kredit saya, eh ditolak. Kemudian saya coba lagi masukkan data kartu kredit yang lain, eh ditolak juga. Info teman saya, pembayaran bisa dilakukan dengan paypal. Saat saya akan coba memasukkan data akun paypal saya, kok tidak ada pilihannya. Akhirnya saya tanya tentang hal ini ke suami teman saya.

Setelah suami teman saya coba cek, ternyata memang benar, godaddy tidak menerima pembayaran dengan kartu kredit Indonesia, dan tidak bekerjasama lagi dengan paypal. Website roppopo.com pun saat dibuat, langsung untuk 5 tahun sehingga belum ada pengalaman pembayaran saat perpanjangan. Akhirnya, saya diberi rekomendasi toko online domain yang lain, www.masterweb.com. Meluncurlah saya ke website tersebut.


Pembeliannya cukup mudah kok, setelah membuat akun, tinggal mengikuti langkah pada menu shopping nya. Tetapi saat itu ada hal yang membuat saya ragu, sehingga saya iseng mengajak live chat orang salesnya. Responnya cukup cepat dan sangat membantu. Untungnya saat live chat, saya konsultasi dengan admin mengenai pembelian saya, dan ternyata pilihan produk saya salah. Di awal saya memilih untuk membeli MWN PARKING SPANEL, padahal seharusnya yang dipilih adalah MWN PARKING BLOGSPOT, hehe, sotoy yaaa..

Untuk MWN PARKING BLOGSPOT ini pembayarannya adalah tahunan, tidak bisa langsung >1 tahun. Biaya tahun pertama sebesar 110 ribu, sedangkan untuk perpanjangan setiap tahunnya sebesar 150 ribu. Secara harga, lebih mahal daripada harga final di godaddy. Pembayaran dalam rupiah dan bisa ditransfer ke rekening BCA atau Mandiri. Setelah lunas pembayaran, maka kita akan menerima email untuk verifikasi sekaligus aktivasi domain kita.

Setelah domain aktif, kita harus melakukan setting blog, supaya bisa tersambung ke domain yang baru. Penyetingannya kita lakukan secara mandiri di control panel blog kita dan di keymaster nya masterweb. Jangan kuatir, masterweb memberikan tutorial yang cukup comprehensive kok. Awalnya, saat membaca tutorialnya, saya bingung sih, karena ada script-scriptnya. Untuk orang awam seperti saya, baru baca begituan saja sudah pusing. Tapi kemudian saya coba konsentrasiii, baca pelan-pelan, ikuti petunjuk satu demi satu, akhirnya berhasiiill deh..!

Domain baru, harus makin rajin nulis nih, semangaaaattt…!!! :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar