Sabtu, 12 September 2015

Frame Magnet Kulkas


Foto di atas adalah bagaimana saya menyimpan memori dan mimpi melalui magnet kulkas, baik magnet kulkas yang beli sendiri ataupun pemberian dari orang lain.
Namanya juga magnet kulkas, jadi ditempelnya ya di kulkas. Tapi, kalau kulkas makin lama makin penuh, ganggu juga sih ya. Belum lagi rentan tersenggol kalau lagi buka kulkas, rasanya sayang kalau sampai pecah.

Jadi, saya mulai berpikir, di mana magnet kulkas ini bisa disimpan. Akhirnya dapatlah ide untuk membuat frame foto yang bisa ditempel magnet kulkas. 

Jadi caranya adalah, di bagian dasar frame dipasang lempengan besi tipis. Awalnya mau benar-benar bikin sendiri, cuman setelah cari ke beberapa toko bangunan, lempengan besi tidak bisa dibeli dalam jumlah sedikit. Kemudian saya cari solusi lain, mungkin lempengan magnet bisa. Tapi setelah saya beli secara online dan coba pasang magnet kulkasnya, malah tidak lengket.
Kesimpulannya, pasang lempengan besi tipis adalah cara yang paling oke. 

Akhirnya saya minta tolong langganan saya, Imania Desain melalui mbak Vani untuk membeli lempengan besi tipis. Secara Imania Desain kan punya workshop juga, jadi hubungan dengan toko bangunan pasti bagus. Sebagai pelapis lempengan besi supaya terlihat lebih rapi, digunakan sisa wallpaper yang ada di gudang. Setelah lempengan besi tipis dipotong sesuai ukuran frame dan dilapisi dengan wallpaper, maka lempengan besi tipis siap untuk dipasang di frame. 

Untuk frame yang ada kacanya, maka kaca tidak digunakan lagi. Tapi jangan dibuang, simpan aja dulu, mungkin bisa kita gunakan untuk ide DIY yang lain lagi.


Nah, ini adalah foto setelah frame selesai dimodifikasi, magnet kulkas dipasang pada frame dan frame dipasang menjadi kolase di dinding. 

Frame dengan posisi paling atas adalah magnet kulkas dari kota di Indonesia yg pernah dikunjungi. Mencari magnet kulkas di kota Indonesia agak susah, kalaupun ada, harga tdk sebanding dengan kualitas nya..

Frame di posisi tengah adalah magnet kulkas dari kota atau negara di luar Indonesia yg pernah dikunjungi. Saya suka memilih dan membeli magnet kulkas dengan desain unik, seperti misalnya potongan kayu yang berbentuk burung hantu dr Jepang, ukiran kayu dari Abu Dhabi, kincir angin keramik dari Amsterdam, boneka panda dari Hongkong, dan sejenisnya.

Frame di posisi bawah adalah, magnet kulkas dari tempat yg belum pernah dikunjungi dan menjadi wishlist saya. Magnet kulkas tersebut saya peroleh dari atasan atau teman yang berbaik hati membawakan oleh-oleh.

Sedangkan di kanan kiri, karena masih belum ada magnet kulkas yang bisa ditempel, maka sementara dipasang foto sok mesra saya dan mas suami. Stok lempengan besi nya sudah ada, jadi sewaktu-waktu ada magnet kulkas yang bisa ditempel di kedua frame tersebut, foto kami tinggal digusur deh, hehe..

Sedikit mewujudkan kreatifitas, hasilnya ternyata indah lho..
Dan satu yang tidak kalah penting, kalau ada ide, segeralah diwujudkan. Kalau tidak, ide selamanya hanya akan menjadi ide..

Semoga postingan ini menjadi inspirasi. Selamat mengasah kreatifitas.. !! ;-)

1 komentar:

  1. Hai mba aku juga koleksi magnet kulkas kebetulan lg pengen bikin bingkai juga.. boleh dapat CP nya ga? Thank you so much..

    BalasHapus