Minggu, 06 September 2015

Lemon


Sejak sekitar 4 tahun yang lalu, saya rutin minum perasan jeruk lemon yang diseduh dengan air hangat setiap pagi, sebelum perut terisi oleh makanan atau minuman yang lain.

Saya melakukan itu setelah membaca dr beberapa referensi, bahwa hal itu bermanfaat untuk membersihkan saluran pencernaan kita dan juga supaya liver kita segar kembali setelah bekerja semalaman.

Berapa banyak takaran lemon dan air hangatnya? Lemonnya cukup sepertiga saja, air hangatnya sekitar 250ml lah. Supaya lebih praktis, biasanya setelah beli lemon, saya langsung peras dan masukkan ke cetakan es batu. Jadi tiap pagi tinggal cemplung-cemplung saja, ga usah repot peras lagi..

Hal ini ternyata bermanfaat, meskipun ga instant terasa manfaatnya. Jadi saat saya memulai minum perasan lemon, saat itu kolesterol total saya 290an, serem yaa, haha.. Secara saya memang hobi banget makan paru, usus, telur puyuh, kuning telur dll yang enak tapi jahat itu..
Setelah 2 tahun rutin minum, saat medcek, ternyata kolesterol total saya turun jadi 250an. Januari 2015, saat dicek lagi, sudah turun jadi 225. Dan seminggu yang lalu, dicek lagi dan sudah ada penurunan menjadi 219. Alhamdulillah, ga nyangka..

Ya mungkin memang bukan krn lemon saja, tapi ada faktor lain, seperti misalnya : sekarang lebih jarang makan jerohan, selama 4 tahunan selalu sarapan buah (bubur ayam + sate telur puyuh usus ati atau lontong sayur kalau lagi khilaf aja, hehe), dan kalau dulu makan junk food bisa beberapa kali dalam seminggu, sekarang sebulan sekali pun belum tentu..

Yang bikin shock adalah, saat cek yg terakhir, kolesterol total mas suami ternyata 248, padahal selama ini dia selalu di bawah 200, paling tinggi 197 lah.. Akhirnya dia panik, mau beli obat penurun kolesterol. Cuman saya sarankan untuk ikuti langkah saya, pakai cara alami dengan lemon.
Awalnya agak ogah-ogahan sih, krn mas suami anti banget dengan rasa kecut dan dia khawatir nanti perut mules krn perut belum terisi tp sdh minum yang kecut-kecut. Kemudian saya jelaskan, yaaa kecut kan cuman bentar ini, minumnya bisa diglegek langsung, yang penting manfaatnya besar. Kalau khawatir dengan perut, ga ada masalah. Karena meskipun rasanya kecut, lemon itu sifatnya alkali, dia malah akan menyeimbangkan kadar asam basa dalam lambung. Kalaupun awal terasa perih, kemungkinan krn ada luka di lambung. Malah dengan lemon akan pelan-pelan terobati..

Alhamdulillah mas suami sudah seminggu ini minum lemon, selain dicampur dengan air hangat untuk di pagi hari, juga minum lemon infused water. Rasanya beberapa bulan ke depan, harus dicek lagi kadar kolesterol totalnya supaya makin mantap untuk rutin minum lemon.

Dan hal ini berarti bahwa, kebutuhan belanja lemon akan meningkat 2x lipat. Cuman bisa doa, supaya harga lemon jangan mahal-mahal amat, hahaha.. :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar