Selasa, 15 Desember 2015

Pejuang Keturunan (7) – SIS (Saline Infusion Sonohysterography), itu rasanyaaa..

Kegagalan demi kegagalan datang, tapi tidak menyurutkan niat kami untuk terus berusaha. Pengalaman inseminasi sebelumnya, meskipun gagal, ada manfaat yang bisa diambil, yaitu tambahan informasi mengenai kondisi saluran rahim saya yang sempit dan terdapat belokan tajam. Akhirnya sebelum memulai program hamil lagi, dokter menyarankan untuk dilakukan SIS.

Seperti yang saja jelaskan di kisah saya sebelumnya, SIS (Saline Infusion Sonohysterography) adalah pemeriksaan untuk mendeteksi adanya kelainan pada rongga rahim dan saluran telur. Menurut dokter, dengan dilakukan tes ini dapat juga membantu untuk membesarkan saluran rahim.

Cara melakukan tes ini adalah sebagai berikut:
1.  Tes dilakukan pada hari ke-10 menstruasi
2.  Sebelum tindakan, saya diberi obat anti nyeri yang dimasukkan melalui anus. Obat ini digunakan supaya saat proses nanti, saya tidak merasakan sakit yang berlebihan
3.  Setelah menunggu sekitar 10 menit, saya masuk ke ruang tindakan. Vag*na ditahan dengan cocor bebek dan kemudian alat USG Transvaginal dimasukkan. Setelah itu kateter dimasukkan juga melalui vag*na
4.  Cairan dimasukkan melalui kateter tersebut dengan tekanan yang lebih besar daripada saat tes HSG, sambil tetap dicek dengan USG Transvaginal. Rasanya, sakiiiiitttt banget menurut saya. Sepanjang tes, kaki saya dingin, saya remas tangan suami, sampai air mata menetes dari sudut mata. Sepanjang saya melalui proses untuk tes dan program hamil, menurut saya inilah tindakan dokter yang paling terasa sakit
5.  Selesai tindakan, kata dokter, saluran saya yang ukuran sebelumnya seujung bolpen sekarang menjadi sebesar sedotan
6.  Saya diberi antibiotik supaya tidak ada infeksi atas tindakan yang telah dilakukan

Saya jalan ke parkiran dengan badan yang lemas. Asik, kesempatan untuk ngelendot ke suami, hehe.. Saran saya, kalau mau melakukan SIS, jangan pergi sendiri, harus ditemani karena memang prosesnya cukup menguras energi. Dan saat menunggu atau saat di dalam ruangan, sejujurnya, kita perlu pendamping untuk memberikan dukungan secara psikologis. Kalau sendirian, kebayang gimana nelangsanyaaa..

SIS dilakukan bulan November 2013. Dan setelah itu saya ingin menunda program hamil terlebih dahulu, karena memang sedang banyak kerjaan di kantor. Saya tidak ingin kejadian terulang seperti saat kegagalan inseminasi yang pertama. Setelah proses, tanpa istirahat, langsung aktif bekerja dengan jarak kantor yang jauh dari rumah, yang mungkin menjadi salah satu faktor kegagalan. Rencana kami, program akan dilanjutkan di bulan Maret 2014 ketika beban pekerjaan sudah tidak seberat bulan sebelumnya.

Mari kita istirahat, lupakan sejenak program hamil dan kembali ke kehidupan normal..

(bersambung..)

23 komentar:

  1. Mbak sisil saluran saya kan juga sempit kalau misal SIS (Saline Infusion Sonohysterography) apa bisa salurannya jd agak lebar kayak mbak sisil???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ga bisa jawab itu mbak Putri, lebih baik konsultasikan dengan dokter. Mbak Putri domisilinya di mana? mungkin saya bisa referensikan dokter tempat saya konsultasi ke mbak Putri.

      Hapus
  2. di surabaya mbak. ada rekomendasi dr? kmrn saya dengan dr Maya dan suami dengan dr Hendri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau Surabaya, saya kurang tahu mbak. Coba taktanya dulu ke temen2 saya yg ada di sana ya mbak..

      Hapus
    2. Mbak, kalau kata temen, dia ke dr Hendy Hendarto SpOG. Alhamdulillah dia berhasil hamil dengan proses inseminasi di sana. Kalau mau lebih banyak pilihan dokter, bisa ke Klinik Fertilitas Graha Amerta RS dr Soetomo.
      Semoga membantu yaa, dan semoga berhasil mbaaakk..

      Hapus
  3. *nimbrung mbak sisil & mbak poe
    mbak poe ke dokter maya sri kamaroekmi atau vita maya? aku pernah ke dr maya sri niatnya promil tapi disaranin setelah setaun nikah aja balik lagi katanya coba 'manual' dulu hehehe
    niatnya awal taun depan mau mulai promil, sambil cari referensi dokter ato mentok2 ke dokter maya lagi :D
    temen nyaranin ke dr auky di rs siloam gubeng, pas googling beliaunya sepertinya kebanyakan nanganin bayi tabung gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nis, emang begono.. kalau belum 1 tahun mah ga usah bingung dulu, dinikmati aja, hehe.. Gunakan waktunya untuk mempererat hubungan suami istri. Karena berjuang buat program hamil itu, menurutku ga mudah, apalagi dr sisi emosinya.
      dr Auky itu setauku dr nya Inul pas bayi tabung, memang spesialisasinya di bayi tabung..

      Hapus
    2. @Nanis : Q kemarin ke dr Maya Sri buat aq sama dr. Hendri buat mas reza nya. Jd dua2nya di check. Reza alhamdulillah udh lolos tes2nya, cuma masalahnya di aku, saluran rahim q buntu, makannya kenapa gak bisa terjadi pembuahan dan disarankan bayi tabung. Cuma msih nyiapin mental dulu dan ikhtiar sama ALLAH,..
      semoga nantinya q bisa sekuat Mbak Sisil :)

      Hapus
  4. Biaya nya brp mb untuk sis ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hi mbak, maaf baru balas. terus terang kalau harga lupa berapa. tetapi sekitar 1 juta lebih mbak..

      Hapus
  5. Mbak boleh nanya dlu sis nya dmn? Saya sama istri kemungkinan mau periksa juga

    BalasHapus
  6. Akhirnya sampai ke tulisan mb sisil. Aku lg kepo2 pemeriksaan sis soalnya. Tgl 19 des nnti, isnyaalloh mw SIS. Saya sudah 2 thn 5 bulan menikah. 6 bulan pernikahan rasanya menggebu2 pengn cept pnya momongan. Smpai akhirnya ke dktr kandungan dan disarankan HSG. Merasa hasilnya baik2 saja, suami test sperma jg baik2 saja, jd kita ikhtiarnya lebih santai. Malah jd mbablas terlalu santai aplg skrng udah buka warung makan. Ini bismiah mw nyoba promil lg. Ke dktr SpOg (K). Kata beliau HSG kearutannya 60% aja dan disarankan SIS. Jujr aku takutt bgd. Pengalaman HSG dlu aja sakit bgd, sampai 4 hari mash sakit. Sholat pun sambil duduk. Aplg baca pengalaman mb sisil, SIS lebh sakit, hiikkss jd semakin gelisah deh akunya 😔 Mohon doanya yaa mbak, biar bisa as strong as mb sisil..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waahh, maaf, kok namanya unknown gtu. Perkenalkan mbak, saya Ulfa di Pekalongan.

      Hapus
    2. halo mba ulfa, aku juga sama akan tes sis juga minggu depan. kayaknya dokter kita sama nih mbaa. boleh sharing ga mba gimana tes nya ? 😆

      Hapus
    3. Mb ulfa dan mb yuliana, boleh gabung sharing gak? SIS nya di dr "L" batang bukan mb?

      Hapus
    4. Saya jga mau sis MB tgl 7juli di dr" L"batang,mbnya jadwal sis kpn

      Hapus
    5. Mau tanya...apakah sblm sis tdk boleh berhub? Misal klu sudah hub apakah bisa mempengaruhi hasil?

      Hapus
  7. Sya februari 2020 ini divonis trkena penebalan dinding rahim dan dsarankn hrus SIS,,,didaerah lmg kmrin sy nnya masalah hrga dikisaran 600rb SIS.ny dklinik bukan d RS besar,,,apakah setelah SIS peluang hamil akan menurun atau sbaliknya ya,,, mhon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dimana ini ka ? mhn info nya ya wa 087821246638

      Hapus
  8. Assalamu'alaikum bunda, saya dema dr smrg. Kebetulan sy sudah SIS dan memang rasanya sakit banget seperti yg mba sisil ceritakan. Perut nyeri sekali dan pasca SIS juga kembung dan keluar flek. Cuman dokter sy menjelaskan jika SIS lebih bagus dr HSG, dan bahkan cairan pasca tindakan SIS akan membantu meningkatkan peluang kehamilan.

    BalasHapus
  9. Hallo mbak Dema.. Perkenalkan saya dini dari semarang jg.. Rencana bulan depan saya disuruh dokter untuk SIS.. Kalau boleh tau mbak Dema dengan dokter siapa..? Dirumah sakit mana mb..? Sama biayanya sekitar brpa..?

    BalasHapus
  10. hy semua mau tanya kalo utk di bandung dimana ya yg bs tindakan SIS baik sarana maupun dokter nya, minta pencerahannya ya makasih

    BalasHapus